TintaTeras

Telah Tahu? Begini Cara Mendapatkan Barang Lewat Jne

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Seperti yang kita pahami, di Indonesia sudah ada beberapa pilihan jasa ekspedisi pengiriman. Jika Anda sering berbelanja online, tentu saja tidak akan abnormal lagi dengan ekspedisi-ekspedisi tersebut.

Contohnya JNE. Kalau di marketplace mirip Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya, JNE termasuk salah satu jasa pengiriman yang banyak dipilih.

Alasannya, mungkin alasannya JNE memang sudah usang ada, sehingga dipercaya punya pengalaman dan metode yang bagus.

Bicara soal JNE, Anda yang gres coba-coba belanja online dan menentukan ekspedisi ini, lazimnya masih punya banyak pertanyaan kan?

Misalnya, “bagaimana cara mendapatkan barang melalui JNE?”, seperti yang hendak kita diskusikan di sini.

Cara Menerima Barang Lewat JNE

Terima paket barang Dari JNE

Menerima barang dari JNE bergotong-royong sangat sederhana. Tapi sebelum itu, coba deh identifikasi dulu proses pengiriman barang melalui JNE, secara garis besarnya:

  1. Penjual Mengirim Barang: Katakan di sini Anda gres berbelanja online. Proses pertama yang dijalankan, ialah seller mengantarbarang yang Anda pesan apalagi dahulu ke kantor JNE.
  2. Barang Dibawa ke Gudang Kota Asal: Kemudian barang dari kantor JNE akan dibawa ke gudang. Di sana barang akan diubahsuaikan untuk dimasukkan ke dalam jalur pengiriman ke kota tujuan.
  3. Barang Dikirim ke Kota Tujuan: Setelah dari gudang, maka barang akan mulai memasuki proses utama, ialah dikirim ke kota tujuan.
  4. Barang Sampai ke Gudang Kota Tujuan: Barang sampai di kota tujuan. Namun sebelum diteruskan ke penerima, barang akan disimpan apalagi dulu di gudang kota tujuan untuk dicek kembali detail alamatnya.
  5. Kurir Akan Membawa Barang Anda: Proses terakhir, kurir akan membawa barang tersebut ke alamat tujuan, yang memiliki arti merupakan kawasan tinggal Anda.

Sisanya, kita cuma perlu menunggu kurir saja. Kemudian setelah kurir datang, maka Anda bisa eksklusif menerima barangnya.

Oh ya, untuk cara terima paketnya sendiri tidak merepotkan. Anda kadang cuma pribadi menerima paket saja, atau kadang juga harus memberi tanda tangan selaku bukti terima paket.

Simpel sekali bukan?

Mengambil Langsung Paket ke Kantor JNE

Terima Barang Langsung Di Kantor JNE

Cara lainnya yang mampu Anda kerjakan untuk menerima paket dari JNE, Anda mampu mengambilnya langsung ke kantor JNE.

Hal ini mampu dijalankan untuk kondisi tertentu, mirip:

  • Anda ingin cepat-cepat menerima paket tersebut sebab memang penting.
  • Paket tersebut tidak terkirim ke kawasan tinggal Anda alasannya ada kesalahan penulisan alamat.
  • Dan lain-lain.

Untuk mengambilnya, pertama cek terlebih dulu status resi Anda. Resi sendiri ialah nomor kode pelacakan yang berfungsi untuk mengetahui posisi paket berada.

Caranya mirip berikut ini:

  1. Buka JNE.co.id.
  2. Masukkan nomor resi di kolom Lacak Kiriman.
  3. Isi arahan chaptcha.
  4. Klik tombol Tracking.

Nah, Anda mampu mengambil paket Anda kalau status resi telah menunjukkan Received At Warehouse (sudah diterima di gudang).

Anda tinggal tiba saja ke kantor cabang JNE, lalu katakan bahwa Anda ingin mengambil paket Anda dengan menyertakan nomor resi tadi dan kartu identitas (bila diminta). Seperti KTP, SIM dan lain-lain.

Dengan begitu, maka Anda bisa eksklusif mendapatkan paket yang telah ditunggu-tunggu.

Oh ya, untuk mencari kantor kawasan pengambilan paket, agar Anda tidak hingga salah alamat nanti, coba deh baca dahulu postingan berikut ini dulu: Cara Mencari Kantor JNE Terdekat.

Di sana sudah aku bahas secara lengkap, lho. Selain itu, agar Anda dapat datang sempurna waktu di saat kantor JNE masih buka, jangan lupa juga untuk membaca artikel ini: Jam Kerja Kantor JNE.

Apakah Ada Biaya Tambahan Saat Menerima Paket?

Jawabannya, tidak ada.

Jadi, pada saat mengantarbarang dengan JNE, maka pihak pengantarakan membayarkannya di permulaan. Dengan begitu, akseptor tidak mengeluarkan ongkos apa-apa lagi.

Yang paling penting yakni, Anda cuma perlu memastikan bahwa paket yang diterima baik-baik saja dan sesuai dengan milik Anda.

Kalau tidak sesuai mampu coba komplain.

Kalau Tinggal di Pelosok, Apakah Barang Tetap Sampai?

Jawabannya, iya.

Hanya saja dengan catatan, dikirim tidaknya ke alamat Anda kembali lagi ke kurirnya, apakah bisa menjangkau kawasan tersebut atau tidak, alasannya di resi juga bisa memperlihatkan status LBA (Luar Batas Antar).

Kalau mengalami kondisi ini, solusinya bisa eksklusif jemput paket ke kantor cabang atau distributor JNE terdekat dari daerah Anda.

Caranya sesuai dengan yang sudah diterangkan tadi. Dan bahwasanya bukan hanya JNE, ekspedisi lain pun demikian, kalau alamat yang dituju terlalu pelosok, maka tidak akan bisa diantar sampai tujuan.

Akhir Kata

Demikian cara menerima barang melalui JNE.

Topik ini mampu dikatakan ialah pertanyaan yang sungguh mendasar. Namun aku pikir dibutuhkan untuk orang-orang yang gres memakai JNE, mirip buat Anda yang baru pertama kali membeli barang secara online.

Penjelasan di sini saya buat supaya gampang dimengerti, dan sebagian sesuai dengan pengalaman langsung. Terus terang, aku sendiri juga sangat sering kok, memakai JNE saat belanja di marketplace.

Semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Membuat Kolak

Cara Membuat Kolak

August 25, 2024
2 min 5 sec read
Aplikasi Kompress Video

Aplikasi Kompress Video

April 28, 2024
3 min 36 sec read
Biografi Gioachino Antonio Rossini

Biografi Gioachino Antonio Rossini

February 29, 2012
2 min 20 sec read
Bunga Pemberian Adakami: Perkiraan, Tenor & Denda

Bunga Pemberian Adakami: Perkiraan, Tenor & Denda

May 15, 2024
3 min 10 sec read