TintaTeras

13 Cara Menangani Aplikasi Shopee Lemot Hari Ini Terbaru 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Pernahkah kamu merasa aplikasi Shopee yang lemot dan susah dibuka terasa sangat menyebalkan? Jika ya, mungkin kamu perlu mengenali beberapa penyebabnya dalam ulasan kali ini.

Setelah membahas mengapa notifikasi Shopee tidak timbul di HP, tidak ‘afdol’ rasanya tidak mengulik penyebab shopee lemot dan cara mengatasinya.

Pernahkah kamu mengikuti flash sale atau event games yang ada di aplikasi Shopee? Namun saat sedang asyik – asyiknya membeli atau main games malah aplikasinya jadi lemot dan susah dibuka atau bahkan error.

Lemot atau yang lebih sering disebut dengan ungkapan ‘lola’ yang bermakna loading usang merupakan kendala yang sering dialami beberapa aplikasi dengan kapasitas penyimpanan data dan chache yang besar utamanya aplikasi Shopee.

Kenapa Shopee Lemot Hari Ini?

Aplikasi Shopee lemot hari ini disebabkan karena aplikasi Shopee belum diperbaharui ke versi terbaru. Hal ini terjadi alasannya aplikasi yang memiliki bug, adalah suatu kegagalan atau kesalahan pada aplikasi yang menciptakan aplikasi tersebut tidak bisa berjalan dengan tanpa kendala.

Chache aplikasi yang terlalu besar akan menjadikan Shopee melakukan pekerjaan lambat dan kesudahannya sering hang karena mengkonsumsi ruang besar dalam penyimpanan ponsel.

Cara menangani aplikasi Shopee lemot hari ini yaitu dengan membuka setting atau pengaturan di ponsel kemudian masuk ke aplikasi, pilih Shopee lalu klik bersihkan cache atau clear cache.

Aplikasi Shopee lemot biasanya ditandai dengan ciri – ciri berikut ini :

  • Loading dikala membuka aplikasi yang lama (umumnya lebih dari 2 menit).
  • Pada dikala bertransaksi seperti membeli produk (Checkout) untuk pembeli atau mengupload gambar untuk penjual, aplikasi terasa berat atau tidak menyikapi.
  • Pada aplikasi timbul notifikasi error misalnya akun Shopee dibekukan.
  • Muncul tulisan aplikasi tidak menyikapi dan menutup sendiri (Force Close).

Cara mengatasinya Shopee yang lemot tergantung dari masalahnya, untuk ponsel yang tidak support aplikasi Shopee mampu diselesaikan dengan menghapus chache aplikasi serta mengosongkan kapasitas penyimpanan dengan menghapus sebagian aplikasi atau media.

Ciri – Ciri Aplikasi Shopee Lemot

Salah satu ciri – ciri aplikasi Shopee yang lemot umumnya akan diindikasikan dengan loading yang sungguh lama ketika mencari produk, memilih filter atau bahkan gagal saat checkout Shopee sehingga transaksi tidak mampu teratasi.

Indikasi lain, Shopee lemot padahal jaringan anggun biasanya ditandai dengan munculnya notifikasi error sesudah loading aplikasi yang usang. Biasanya terjadi setelah proses maintenance aplikasi Shopee akhir.

Aplikasi Shopee Lemot
Yuk, Tukar Pulsa Sekarang

Selain di HP, buka Shopee lemot di Laptop juga sering terjadi alasannya adalah memang intinya layanan di aplikasi Shopee sedang mengalami gangguan alasannya adanya perbaikan (maintenance) atau pembaharuan (updating) aplikasi.

Berikut ini ciri – ciri aplikasi Shopee yang lemot :

  • Loading terus – Saat mencari produk biasanya aplikasi Shopee tidak ada gambarnya sebab loading secara terus menerus. Biasanya disebabkan karena persoalan koneksi internet yang terputus.
  • Muncul notifikasi – Lemotnya aplikasi shopee yang berlangsung secara terus menerus juga ditandai dengan munculnya notifikasi error di akun shopee kamu.
  • Force close – Shopee sulit diakses lalu tiba – tiba keluar sendiri ialah indikasi permulaan penyebab aplikasi Shopee lemot saat dibuka di ponsel maupun di laptop.
  • Shopee tidak menampilkan gambar – Jika aplikasi Shopee lemot, maka umumnya gambar di hasil penelusuran shopee tidak akan mampu ditampilkan.

Kerugian Akibat Shopee Lemot Banget

Aplikasi shopee terasa lemot ini tentu akan merugikan pedagang dan pembeli yang menggunakan ponsel pintar dalam membeli dan berdagang.

Berikut beberapa kerugian yang niscaya kau rasakan selaku pembeli sebab aplikasi Shopee lemot banget, seperti :

  • Gagal login Shopee sehingga aplikasi tidak dapat digunakan untuk belanja.
  • Gagal Checkout Shopee sehingga kau tidak dapat melakukan pembayaran pesanan.
  • Ketinggalan event – event penting mirip flash sale, Diskon maupun Event Birtday Sale Shopee.

Sedangkan penjual akan mengalami beberapa kerugian balasan aplikasi shopee yang lemot berikut ini :

  • Tidak mampu berdagang mirip upload produk baru, up produk serta memperbaharui judul dan deskripsi produk.
  • Tidak bisa memproses pesanan baru seperti membalas chat, mengupload resi serta mengganti status pesanan.
  • Mengurangi performa toko bahkan mampu membuat toko terkena penalti dari tim Shopee.

Disamping beberapa kerugian yang mungkin akan dialami setiap pengguna Shopee akibat aplikasi shopee yang lola, kau juga akan merasa sangat jengkel dan frustasi balasan hambatan ini.

Penyebab Aplikasi Shopee Lemot

Aplikasi shopee tidak bisa dibuka mampu tertuntaskan dengan mudah dengan syarat kau mesti mengenali apalagi dulu penyebabnya. Biasanya penyebab Shopee ngelag terjadi alasannya duduk perkara pada koneksi internet di HP kau terputus, chache aplikasi yang terlalu besar atau persoalan pada server.

Berikut rincian penyebab dan solusi aplikasi Shopee lemot hari ini :

Penyebab Shopee Lemot Solusi
✅ Gangguan Pada Server Shopee ⚡ Tunggu maintenance server Shopee akhir
✅ Cache Shopee Terlalu Besar ⭐ Hapus Chache Shopee
✅ Memori Penyimpanan HP Penuh ⚡ Hapus sebagian aplikasi atau pindahkan sebagian data ponsel
✅ Terlalu Banyak Bloatware ⭐ Hapus sebagian bloatware yang menyantap memori ponsel
✅ Recent Apps Shopee Tidak Dihapus ⭐ Selalu hapus Recent Apps sesudah menutup aplikasi
✅ Sistem Operasi Ponsel Rusak ☑️ Update Operating System ponsel
✅ Spesifikasi Ponsel Jadul ⚡ Login Shopee di HP lain
✅ Jaringan Internet Lemot ☑️ Ganti koneksi internet pada HP
✅ Aplikasi Shopee Bermasalah ⭐Hubungi CS Shopee
✅ 3D Effect Wallpaper Ponsel Diaktifkan ⚡ Ganti tema atau wallpaper pada ponsel

Berikut klarifikasi masing – masing penyebab aplikasi Shopee lemot banget :

1. Memori Penyimpanan HP Penuh

Shopee lemot banget hari ini yang pertama adalah sebab masalah pada HP ketika menggunakan aplikasi Shopee. Saat ruang penyimpanan di HP penuh, lazimnya ada notifikasi dari ponsel pintar “some system maybe not function” atau “not enough space”.

Sama seperti aplikasi lainnya, kalau kapasitas penyimpanan ponsel terlalu sarat mampu berakibat ponsel menjadi lamban dan bahkan mampu hang.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot
Memori Internal Ponsel Penuh

Ini dikarenakan prinsip dari media penyimpanan ponsel itu sendiri. Ketika akan membuka aplikasi, ponsel akan memuatnya dulu di RAM (Random access memory), tetapi dikala penuh maka ponsel akan menjajal menulis ke media penyimpanan.

Masalah akan terjadi dikala tidak ada ruang kosong untuk menulis data cache yang ada pada aplikasi. Sehingga aplikasi menjadi lemot dan crash.

Ibaratnya, kau sedang menulis di meja kerja yang penuh dengan buku, ketika bukumu akan kamu pindahkan ke laci, ternyata lacinya juga sarat . Sesimpel itu.

Solusinya :

Hapus aplikasi lain yang tidak atau jarang digunakan, pindahkan foto-foto usang ke media penyimpanan online mirip Google Drive atau Google Photos, lalu hapus juga berkas download yang tidak dipakai lagi.

2. Terlalu Banyak Bloatware Ponsel Makara Lemot

Coba lihat aplikasi yang sedang berlangsung di latar belakang ponselmu, mampu jadi aplikasi tersebut mampu berjalan tanpa kau sadari. Ini dinamakan “bloatware” yang mampu menimbulkan aplikasi Shopee lemot padahal jaringan manis.

Terkadang bloatware bisa tiba dari penginstalan aplikasi games, aplikasi cleaner, aplikasi berita yang menjinjing iklan – iklan, dan yang lain.

Para pembuat program tersebut bisa saja menyisipkan aplikasi yang membuat prosesor ponselmu terus melakukan pekerjaan walaupun tidak sedang menggunakannya.

Solusinya :

Sebaiknya periksa semua aplikasi dan hapus aplikasi yang mencurigakan. Biasanya beberapa merk ponsel ada aplikasi bloatware yang tidak dapat dihapus, ini sebaiknya di nonaktifkan saja dari pengaturan aplikasi.

3. Recent Apps Shopee Tidak Dihapus

Kesalahan berikut nya yang mampu menciptakan fitur Shopeepay lemot yaitu aplikasi latar belakang atau yang lebih diketahui dengan istilan recent apps tidak dihapus.

Tentu ini akan memperlambat kinerja ponsel pintar terutama dalam membuka aplikasi berat secara bersama-sama sehingga pada saat membuka Shopee akan terasa sungguh lemot.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot
Recent Apps Tidak Dihapus

Hal ini terjadi alasannya OS ponsel pintar memerlukan waktu untuk menyikapi fitur yang ingin dibuka penggunanya sedangkan Chache aplikasi yang masih berjalan masih cukup besar.

Solusinya : 

Untuk menangani banyaknya respon yang diharapkan prosessor smartphone untuk membuka aplikasi, semestinya kamu mesti berkala membersihkan aplikasi latar belakang dengan cara klik tombol recent apps lalu klik tombol X untuk menghapus seluruh aplikasi yang terbuka di latar belakang.

4. Cache Menumpuk Sehingga Shopee Ngelag

Terkadang aplikasi Shopee mengonsumsi ruang penyimpanan cache yang telah terlampau besar, sementara kapasitas penyimpanan memori ponsel terbatas.

Ini terjadi bila kamu sering membuka aplikasi Shopee, contohnya dikala menyaksikan feed atau produk, gambar dan teks yang ada akan disimpan sementara pada ruang penyimpanan pada ponsel kamu, ini dinamakan cache.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot
Hapus Chache Shopee

Sehingga aplikasi tidak butuhmendownload ulang gambar dan teks tersebut. Bila cache sudah terlalu  sarat akan menjadikan aplikasi Shopee sering lemot sebab memakan ruang penyimpanan ponsel yang cukup besar.

Solusinya :

Buka pengaturan, kemudian masuk ke aplikasi, cari Aplikasi Shopee. Lalu bersihkan cache/clear cache. Kamu mungkin perlu log-in ulang aplikasi Shopee.

5. Aplikasi Shopee Bermasalah

Mungkin ada beberapa berkas pada aplikasi Shopee di ponsel yang corrupt atau hilang sehingga aplikasi Shopee menjadi error.

Jika ini terjadi maka aplikasi sering muncul ikon muter-muter alias loading, itu dikarenakan aplikasi sedang mencari berkas yang memiliki masalah tersebut namun tidak menemukannya.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot
Update Aplikasi Shopee

Solusinya :

Segera cek ke Play Store atau App Store dan lakukan pembaruan aplikasi Shopee, jika problem masih timbul, silahkan hapus aplikasinya dan unduh ulang.

6. Sistem Operasi Ponsel Rusak

Mungkin ada beberapa file sistem android kamu yang memiliki masalah, tidak dapat terbaca atau hilang. Sehingga komponen untuk melakukan aplikasi tidak lengkap.

Bila ini terjadi maka aplikasi akan sering timbul pesan error atau crash.

Bagi orang kebanyakan ini sukar diperbaiki jika tidak memperoleh dimana letak kesalahan / kekurangan berkas yang dimaksud.

Solusinya :

Kembali ke pengaturan pabrik, atau factory default settings. Caranya masuk ke pengaturan ponsel kamu, cari menu backup & reset, kemudian pilih factory data reset / Kembali ke setelan pabrik.

Harap backup semua data sebelum melakukan ini, alasannya data kontak mampu hilang dan kau perlu memasukkannya kembali.

7. Jaringan Internet Lemot

Perhatikan signal yang ada di layar ponsel, tentukan signal kafe pada ponsel penuh. Bila signal internet cuma 1-2 kafetaria atau bahkan jaringan bertanda X akan menimbulkan Shopee ngelag atau lelet dikala dibuka. 

Aplikasi Shopee cukup lumayan dalam menggunakan data alasannya aplikasinya banyak mengandung gambar dan video.

Jika ternyata aplikasi Shopee tetap lemot padahal jaringan manis memiliki arti tidak didapatkan hambatan pada koneksi internet melainkan adanya indikasi gangguan pada aplikasi atau server Shopee alasannya sedang update.

Solusinya :

Silahkan pindah ke lokasi yang signalnya lebih berpengaruh, usahakan mendapatkan signal seluler 4G dan full kafe.

Jika masih mengalami duduk perkara coba lakukan test browsing internet, apakah lancar? Jika masih belum terasa tanpa gangguan coba ganti kartu provider ponsel tersebut. Bisa saja memang lagi ada gangguan dari provider selulernya.

8. Spesifikasi Ponsel Jadul

Kapan terakhir kau berbelanja ponsel yang kau pakai kini ini? Bisa jadi ponselmu telah tidak berpengaruh menjalankan aplikasi yang ada pada tahun ini. Aplikasi terus meningkat dari waktu ke waktu, dulunya yang fiturnya terbatas sekarang sudah ada fitur ini itu.

Sebuah ponsel efektifnya dapat bekerja dengan lancar selama 3 tahun periode pembelian, selebihnya ponsel akan terasa lemot bukan alasannya penurunan performa, tetapi dikarenakan aplikasi yang sekarang sudah lebih berat dari sebelumnya.

Itulah sebabnya setiap tahun ponsel senantiasa mengeluarkan seri terbaru sebab teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu.

Solusinya :

Sebaiknya ganti ponsel ke generasi terbaru bila telah terasa sangat ketinggalan, ini akan meminimalkan waktu dan tenaga. Tak ada salahnya membeli ponsel gres alasannya adalah harga ponsel pintar android sudah cukup terjangkau.

9. 3D Effect Wallpaper Ponsel Diaktifkan

3D Effect yang berlebihan mirip penggunaan wallpaper animasi maupun performa home screen ponsel yang berisi animasi pasti akan memerlukan lebih banyak waktu dan resources untuk membuka aplikasi.

Wallpaper 3D effect pada ponsel yang aktif akan mengakibatkan ponsel bekerja lebih lambat sehingga aplikasi Shopee akan sering hang dan susah memperlihatkan gambar produk di etalase toko.  

Solusinya : 

Ubah pengaturan wallpaper, home screen/peluncur maupun keyboard ke settingan default / tampilan statis. Caranya masuk ke pengaturan kemudian ubah pengaturan dibagian tampilan dan masukan.

Cara Agar Shopee Tidak Lemot

Untuk mengatasi akun Shopee yang lemot kau harus mengetahui apalagi dahulu apa yang menyebabkan aplikasi shopee lola ketika dibuka di ponsel atau laptop.

Berikut beberapa cara supaya Shopee tidak lemot :

  • Pastikan ruang penyimpanan ponsel masih memadai.
  • Hapus aplikasi bawaan ponsel (Bloatware).
  • Hapus aplikasi latar belakang (Recent apps).
  • Hapus Chache aplikasi Shopee.
  • Lakukan factory reset (Reset pabrik) pada ponsel.
  • Cek spesifikasi ponsel dan tentukan kompatibel dengan model aplikasi Shopee.
  • Update aplikasi Shopee di Playstore dan Appstore secara terjadwal.
  • Hapus 3D Effect pada ponsel dan gunakan theme statis.

Beberapa persoalan lain yang dapat diatasi memakai beberapa penyelesaian di atas antara lain :

  • Aplikasi shopee loading terus.
  • Aplikasi Shopee Error.
  • Aplikasi Shopee tidak ada gambarnya.
  • Shopee tanam tidak mampu dibuka.
  • Aplikasi menghubungkan terus.
  • Aplikasi Shopee Force Close.

FaQ Seputar Kendala Lemot Pada Aplikasi Shopee

Lemot yaitu istilah yang digunakan untuk menggambarkan tampilan atau kinerja sebuah metode aplikasi yang lambat atau terhambat.

Istilah ini seringkali digunakan dalam konteks teknologi mirip komputer, smartphone atau jaringan internet yang tidak dapat beroperasi dengan baik atau mengatasi peran secara cepat.

Namun kendala lemot juga kerap terjadi pada aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Shopee. Agar tidak ingin tau, silahkan simak pertanyaan dan balasan seputar hambatan lemot pada APK Shopee berikut ini :

Kenapa Shopee Lemot Padahal Jaringan Bagus?

Meskipun jaringan internet yang dipakai dalam keadaan bagus, Shopee mampu terasa lemot sebab beberapa alasan yang lain seperti :

  • Pengguna Aplikasi Padat – Kepadatan kemudian lintas pengguna pada server Shopee dapat menjadikan keterlambatan dalam menampung halaman, terutama pada jam-jam sibuk.
  • Kinerja Ponsel Lemot – Performa HP kamu yang dipakai untuk membuka aplikasi Shopee mampu menghipnotis kecepatan dan responsifitas aplikasi.
  • Kapasitas Memori Hampir Penuh – Jika kapasitas memori pada HP kau telah penuh, maka aplikasi Shopee dapat terasa lambat dan responsifitasnya menurun.
  • Versi APK Usang – Jika aplikasi Shopee yang kau gunakan sudah tidak cocok lagi dengan kebutuhan sistem operasi atau perangkat pengguna, maka aplikasi dapat menjadi tidak responsif dan terasa lambat.

Kenapa Shopee Lemot Pengiriman?

Ada beberapa argumentasi kenapa Shopee lemot pengiriman seperti kepadatan pesanan yang mampu menimbulkan keterlambatan dalam proses pengantaran, terutama pada masa tertentu seperti saat promo besar atau hari raya.

Sebelum pengantaran dilaksanakan, Shopee perlu melaksanakan proses verifikasi terhadap pesanan yang masuk, mirip memverifikasi pembayaran, alamat pengantaran dan lain sebagainya.

Selain itu pihak kurir juga mampu mengalami kendala yang menjadikan pengantaran menjadi lemot, seperti keterlambatan pengiriman dari pihak pedagang , kepadatan pengiriman atau kendala teknis lainnya.

Kenapa Shopee Lemot Di Laptop?

Shopee bisa terasa lemot di laptop disebabkan karena beberapa faktor, mirip :

  • Koneksi internet yang jelek atau lambat dapat menyebabkan loading halaman Shopee menjadi pelan dan terasa lemot.
  • Jika laptop mempunyai kapasitas RAM yang kecil atau sudah terisi penuh oleh program lain, maka dapat mengakibatkan Shopee menjadi lemot saat diakses.
  • Jika metode operasi laptop atau browser yang digunakan untuk mengakses Shopee perlu diperbaharui, maka hal ini dapat menghipnotis penampilan aplikasi dan menjadikannya terasa lemot.
  • Program lain yang berlangsung di latar belakang pada laptop mampu menghipnotis tampilan Shopee dikala diakses.

Bagaimana Cara Mengatasi Shopee Lemot Di iPhone?

Berikut beberapa cara untuk menangani Shopee lemot di iPhone, mirip :

Re-Open Aplikasi Shopee

Cobalah untuk menutup aplikasi Shopee dan membukanya kembali atau bila dalam aplikasi sering di sebut dengan re-open atau restart.

Tindakan mampu membantu membersihkan memori sementara dan memperbaiki dilema aplikasi yang lemot di ponsel iPhone kamu.

Bersihkan Chache Aplikasi

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat pengalaman pengguna. Namun, cache yang terlampau banyak mampu menjadikan aplikasi menjadi lemot.

Anda bisa membersihkan cache aplikasi Shopee dengan cara masuk ke Settings> General > iPhone Storage > pilih aplikasi Shopee > Offload App atau Delete App > Reinstall App dari App Store.

Periksa Koneksi Internet

Pastikan bahwa kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat. Cobalah untuk menghubungkan iPhone Anda ke jaringan Wi-Fi yang besar lengan berkuasa dan stabil.

Kamu juga dapat mencoba mematikan dan menghidupkan kembali koneksi data seluler atau mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa ketika sampai koneksi wajar kembali.

Tips Membuka Aplikasi Shopee Yang Lambat

Cara menangani Shopee lemot yaitu dengan cara login akun Shopee lewat web resmi Shopee Indonesia karena lazimnya penyebab shopee lelet saat dibuka berasal dari ponsel yang sedang kau gunakan.

Tentunya kau harus Login apalagi dulu semoga mampu bertransaksi mirip di aplikasi Shopee seperti biasa.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee Dibatasi Yang Mudah Dan Mudah

Shopee yang lelet atau lemot umumnya akan kembali normal jikalau masalahnya berasal dari aplikasi itu sendiri seperti sebab adanya perbaikan pada server atau server yang sarat alasannya adalah ribuan pengunjung mengakses aplikasi pada dikala yang serempak.

Jika kamu punya cara lain untuk melengkapi beberapa penyelesaian diatas, secepatnya bagikan di kolom komentar biar teman – teman lainnya juga mengetahuinya.

Selamat mencoba !

data-payload='”align”:”left”,”id”:”1346″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”82″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”2.9″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”2.9\/5 – (82 votes)”,”size”:”20″,”title”:”13 Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot Hari Ini Terbaru 2023″,”width”:”67.6″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

2.9/5 – (82 votes)

Artikel Menarik Lainnya: