Profil dan Biografi Kawasaki Shozo - Pendiri Kawasaki

TintaTeras.com – Kawasaki merupakan salah satu manufaktur terkenal di dunia yang berasal dari Jepang. Produk-produk yang dihasilkan oleh Kawasaki mirip otomotif, alat berat, peralatan luar angkasa dan peralatan pertahanan, serta kapal dan robot.

Perusahaan Kawasaki juga aktif dalam banyak industri mirip industri luar angkasa dan penerbangan, energi, kereta api, perkapalan, otomotif, dan juga industri lain. Sejarah berdirinya Kawasaki tidak bisa dilepaskan dari sosok berjulukan Kawasaki Shozo yang tidak lain yakni pendiri dari Kawasaki.

Kawasaki Shozo lahir di Jepang  di kawasan Kagoshima pada tanggal 2 desember 1837. Di usia 17, Kawasaki Shozo muda menjajal menjadi penjualkimono di kota Nagasaki. Sedikit demi sedikit usahanya kemudian meningkat dan beliau lalu mulai memasarkan dagangannya ke luar kota Nagasaki.

Di usia 27 tahun, Kawasaki Shozo lalu mulai mengantarkan produknya keluar kota. Wilayah pertama pengirimannya ialah Osaka namun ia menghadapi realita pahit ketika kapal kargo berisi barang dagangannya karam akibat dihantam angin puting-beliung.

Kemudian memasuki tahun 1869, Kawasaki Shozo lalu bergabung dengan sebuah perusahaan pabrik gula yang menanggulangi buatan gula dari suatu kepulauan di Jepang bernama Kepulauan Ryukyu. Di tahun 1893, Kawasaki kemudian meneliti mengenai gula dari kepulauan Kyukyu dan mencari rute laut yang elok ke kepulaun Ryukyu atas seruan dari departemen keuangan Jepang.

Di tahun berikutnya, Kawasaki Shozo lalu diangkat sebagai wakil presiden eksekutif dari perusahaan Japan Mail Steam sebuah anak perusahaan jasa pengantaran Jepang. Kawasaki berhasil membuka rute maritim ke kepulauan Ryukyu dan kemudian berhasil memuat gula dari banyak sekali daerah di Jepang.

Namun berbagai kejadian kecelakaan laut seperti kapal-kapal pengangkut gula yang karam diterjang ombak dan angin kencang menciptakan Kawasaki Shozo lalu mulai mempelajari teknologi dari kapal buatan Eropa dan Amerika. Kawasaki yakin bahwa kapal bikinan orang barat lebih stabil dan lebih cepat dibanding dengan kapal buatan jepang.

Profil dan Biografi Kawasaki Shozo - Pendiri Kawasaki

Hal tersebut lalu membuat Kawasaki Shozo menjadi makin tertarik di bidang industri kapal bahari terbaru. Di tahun 1876, didukung oleh Matsukata Masayoshi yang merupakan wakil menteri keuangan Jepang yang juga sobat akrabnya, Kawasaki Shozo lalu mendirikan perusahaan pengerjaan kapal berjulukan Kawasaki Tsukiji Shipyard di kota Tokyo.

Perusahaan Kawasaki memulai sejarahnya selaku perusahaan pembuat kapal dan kemudian berkembang menjadi perusahaan yang menciptakan lokomotif, pesawat, motor sampai misil dan perlengkapan militer lain ketika perang dunia berkecamuk.

Kawasaki Shozo kemudian wafat pada tanggal 2 desember 1912 di Jepang. Perusahaan Kawasaki Tsukiji Shipyard lalu berganti nama menjadi Kawasaki Heavy Industries semenjak akhir hayat pendirinya Kawasaki Shozo.

Profil dan Biografi Kawasaki Shozo - Pendiri Kawasaki

Perusahaan Kawasaki kemudian berkembang dengan pesat dengan melaksanakan ekspansi ke banyak sektor industri seperti industri luar angkasa dan penerbangan (aerospace), kereta api, perkapalan, energi, robot, lingkungan, infrastruktur dan transportasi.

Kawasaki juga mempunyai banyak cabang di seluruh dunia yang memastikan bahwa kawasaki merupakan salah satu perusahaan industri paling besar yang ada di dunia.