TintaTeras.com – Biografi Benjamin Franklin. Dikenal sebagai salah satu tokoh yang berperan besar dalam mendirikan negara Amerika Serikat, Dikenal selaku Bapak Pendiri Amerika Serikat. Dia juga terkenal selaku salah penemu dan juga ilmuwan. Berikut kami sajikan Biodata, Profil serta Biografi Benjamin Franklin.

Biodata Benjamin Franklin

Biografi Benjamin FranklinNama : Benjamin Franklin

Lahir : Boston, Amerika Serikat, 17 Januari 1706

Wafat : Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790

Orang Tua : Josiah Franklin (ayah), Abiah Folger (ibu)

Istri : Deborah Read

Anak : Sarah Franklin Bache, William Franklin, Francis Folger Franklin

Dikenal : Bapak Pendiri Amerika Serikat

Biografi Benjamin Franklin

Benjamin Franklin lahir pada tanggal 17 Januari 1706 di Boston, Amerika Serikat. Ia wafat pada tanggal 17 April 1790 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Ia ialah anak dari Josiah Franklin (ayah), Abiah Folger (ibu).

Masa Kecil

Benjamin berhenti sekolah pada saat ia berusia sepuluh tahun. Di usia dua belas tahun beliau lalu magang di sebuah penerbitan milik James, abang laki-lakinya. Percetakan ini menerbitkan surat kabar New England Courant.

Menjadi Editor Surat Kabar

Dalam Biografi Benjamin Franklin dimengerti ia menjadi kontributor dan bahkan lalu editor surat kabar itu milik kakaknya tersebut. Namun, suatu hari kakak beradik ini bertikai sampai karenanya Benjamin melarikan diri, pertama-tama ke New York, lalu ke Philadelphia pada Oktober 1723.

Benjamin Franklin bekerja sebagaiwartawan. Dia mempublikasikan tulisan Poor Richard’s Almanac, yang berisi talenta luar biasanya memutar balikkan potongan-bagian kalimat.

Di selesai-simpulan hayatnya beliau menyusun otobiografinya, sebuah karya termasyhur yang pernah ditulis dan sampai sekarang masih dibaca dan disukai orang.

Bapak Pendiri Amerika Serikat

Benjamin Franklin juga terjun di bidang politik, Franklin sukses seperti halnya dia juga berhasil sebagai administrator, legislator serta diplomat.

Tambahan pula, ia merupakan salah seorang penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan kemudian jadi anggota Konvensi Konstitusi. Benjamin Franklin lalu disebut sebagai Bapak Pendiri Amerika Serikat

Franklin ialah seorang pembangkit semangat dan organisator penduduk . Misalnya, ia ialah salah seorang pendiri rumah sakit pertama di Philadelphia.

Dia menolong mengurus perusahaan pemadam kebakaran dan mendorong hingga sukses terbentuknya kantor polisi masalah kota.

Seorang Ilmuwan Penemu Kacamata

Ia juga mengurus perpustakaan keliling pertama di dunia dan golongan masyarakat ilmuwan yang pertama. Minatnya di bidang ilmu wawasan membuat Franklin populer dengan dia punya penyelidikan dasar perihal listrik dan cahaya.

Berbarengan dengan itu dia juga mencipta banyak sekali penemuan yang memiliki banyak kegunaan, misalnya lensa dengan fokus ganda yang kini diketahui dengan nama kacamata serta pistol cahaya. Dua penemuannya yang disebut terakhir masih digunakan orang hingga sekarang.

Benjamin Franklin wafat di Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal  17 April 1790. Diketahui dia menikah dengan Deborah Read dan memiliki anak berjulukan Sarah Franklin Bache, William Franklin, Francis Folger Franklin